GM Kembangkan Chevrolet Cruze Listrik di Korea

General Motors terus mengosok citra produk global terbarunya, Chevrolet Cruze. Kali ini, mobil tersebut dikembangkan menjadi mobil listrik di Korea Selatan, basis produksinya di Asia. Cruze listrik dikembangkan GM Daewoo bersama LG Chemical dan LG Electronic.

Menurut GM, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi elektrifikasi produsen mobil tersebut, utamanya motor listrik, kontrol tenaga, dan sistem pengisian. Di samping itu, mempelajari kebiasaan pengemudi menjalankan kendaraan dan mengisi baterai.

Selain Cruze, juga digunakan Lacetti Premieres (saudara kembar atau Cruze untuk pasar Korea Selatan) yang diubah menjadi mobil listrik. Keduanya mengandalkan baterai lithium-ion yang dibuat LG Chemical, sedangkan motor listrik dibuat oleh LG Electronics.

“Proyek demo Cruze listrik memperkuat komitmen GM untuk mengembangkan mobil listrik dan teknologi hijau, membangun portofolio hibrida dan Chevrolet Volt,” kata Karl Stracke, Wakil Presiden Rekayasa Kendaraan Global GM.

Untuk pengujian ini, GM Daewoo menggunakan baterai 31 KW yang dapat menghasilkan tenaga 201 PS. Pada pengujian awal—baterai terisi penuh—Cruze dapat digunakan untuk menempuh jarak lebih dari 160 km. Kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam dalam 8,2 detik dan kecepatan maksimum 165 km/jam.

Dengan sumber listrik 220 volt—standar rumah—Cruze EV dapat diisi ulang sampai penuh selama 8-10 jam. Salah satu aspek yang diuji adalah untuk mengetahui penghematan waktu pengisian baterai.

Kalau sebagian besar mobil listrik baterainya diletakkan di bagasi, Cruze EV memanfaatkan bagian bawah lantai. Karena itu, kapasitas bagasinya tidak berubah.

Proyek ini mulai digulir pada akhir Oktober dan merupakan salah satu kunci strategi pengembangan mobil listrik dan baterai global oleh GM. Rencananya juga akan diuji model lain bekerja sama dengan partner berbeda di pasar global sebelum akhir tahun ini.

“Mengembangkan pasar mobil listrik di Korea sangat besar manfaat besar terhadap kolaborasi GM Daewoo dan LG Chem,” kata Peter Bahnsuk Kim, Vice Chairman & CEO LG Chem. “Lebih dua tahun, kami membentuk kerja sama dengan GM dan sekarang melakukan di negara kami,” tambahnya.

Penulis: BBB,ZBJ
Editor: Zulkifli BJ kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s