Air Laut Lebih Tinggi 3 Meter dari Daratan

Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan membangun waduk di Pelabuhan Marina Jakarta Utara. Pembangunan ini dilakukan karena permukaan air laut saat ini lebih tinggi dari permukaan air anak Sungai Ciliwung.

Penurunan permukaan tanah juga terjadi di Waduk Pluit Jakarta Utara. Air laut lebih tinggi tiga meter dari pada air waduk. Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan mengantisipasinya dengan pembuatan 11 pompa yang memiliki kapasitas 48,5 meter kubik setiap detik.

Antisipasi lainnya dengan pembangunan waduk di Pelabuhan Marina, A Ancol akan segera dilakukan. Karena air laut juga mulai lebih tinggi, sehingga menutup Pintu Air Marina.

Menurut Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Putu Indiana, tahap untuk pembangunan waduk tersebut pada tahun ini masih dalam tahap perencanaan. Secara teknis akan ditempatkan sejumlah pompa di Pintu Air Marina.

“Ini akan membuat air anak Sungai Ciliwung langsung ditarik ke laut dan menghilangkan genangan,” ujarnya lagi.

Putu mengatakan, berada di bawahnya air sungai dibanding air laut karena telah terjadinya penurunan permukaan tanah di Jakarta.

Penurunan permukaan tanah tersebut disebabkan beberapa faktor di antaranya permukaan air tanah turun, curah hujan ekstrim yang belakangan melanda Jakarta, dan secara alamiah permukaan air laut memang mengalami kenaikan.

“Penurunan permukaan tanah akan membuat banyak daerah beberada di bawah saluran-saluran, seperti sungai dan waduk. Sehingga secara gravitasi di beberapa daerah air tidak bisa turun ke laut,” ujarnya. (adi)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s