Aktivis Lingkungan Hidup Berpesta “10-10-10”

Tanggal 10-10-2010 tidak hanya merupakan tanggal istimewa bagi mereka yang percaya atau suka takhayul. Tanggal ini juga dimanfaatkan para aktivis pecinta lingkungan hidup di mancanegara untuk menggelar aksi.

Para aktivis yakin bahwa hari ini adalah tanggal “keberuntungan” bagi Bumi. Itulah sebabnya lebih dari 7.000 acara lingkungan hidup di gelar di 188 negara hari ini sebagai bagian dari Global Work Party. Acara ini merupakan acara satu hari terbesar sepanjang sejarah dunia untuk pengurangan karbon.

“Angka 10-10-10 sangat mudah diingat, dan akan terus ada di benak masyarakat,” ujar Anna Goldstein, juru bicara laman 350.org, sebuah kelompok yang memprakarsai kegiatan ini.

Anna menjelaskan bahwa ide utama acara ini adalah untuk memberi kesadaran pada masyarakat awam mengenai proyek-proyek lingkungan. Di antaranya adalah memasang panel tenaga surya, menanam pohon, dan berdemo menentang polusi.

“Semoga aksi ini dapat memberikan pesan yang jelas kepada para politisi bahwa mereka juga harus menyingsingkan lengan baju dan bekerjasama membersihkan bumi,” ujarnya seperti dilansir dari laman Pasadena Star-News.

Di California, basis kelompok 350.org, terdapat sedikitnya 400 acara yang terkait dengan lingkungan hidup hari ini.

Sebelumnya pada Kamis, Kepala perubahan iklim PBB, Christina Figueres menyerukan semua warga dunia untuk ikut serta dalam kegiatan ini dan melawan akibat dari perubahan iklim.

“Saya mendukung Global Work Party dan menyerukan semua warga untuk mengikutinya. Ketika warga andil dalam aksi seperti ini, lebih mudah bagi pemerintah untuk menerapkan kebijakan perubahan iklimnya,” ujarnya.

Aksi ini mendapat respons positif, di antaranya adalah Presiden Maladewa, Mohamed Nasheed, menyatakan dukungannya terhadap acara ini dengan memasang panel tenaga surya di atap rumahnya. Sekitar 300 universitas di China dan India akan bergabung dalam kompetisi energi bersih tingkat pelajar.

Di Afganistan, para pelajar akan menanam ratusan pohon di perbukitan di luar kota Kabul. Di Bandung, warga menggelar aksi bersepeda dan menanam pohon. Di Inggris, warga menggelar piknik vegetarian dengan sayur mayur dan buah-buahan organik, dan masih banyak lagi negara-negara yang ikut serta dalam aksi ini.(ywn)• VIVAnews

One comment

  1. “lebih dari 7.000 acara lingkungan hidup di gelar di 188 negara hari ini sebagai bagian dari Global Work Party. Acara ini merupakan acara satu hari terbesar sepanjang sejarah dunia untuk pengurangan karbon”
    bayangkan atau hitung jejak karbon yang ditinggalkan dari aktivitas tersebut?:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s