Astronot China Yakin Kemampuan Indonesia

Dua astronot China tengah bertandang ke Indonesia bersama kapal pencari satelit China Yuanwang 5 untuk melakukan beberapa misi, diantaranya adalah upaya untuk menanamkan minat pada bidang astronomi dan kedirgantaraan kepada kaum muda Indonesia.

Nie Haisheng dan Zhai Zhigang, dua astronot yang telah ke luar angkasa, dijadwalkan akan menemui 500 pelajar SMA di Pusat Peragaan IPTEK Taman Mini Indonesia Indah pada Sabtu, 16 Oktober 2010. Pada pertemuan ini, kedua astronot akan berbagi pengalaman seputar misi ke luar angkasa beserta teknologinya.

“Kami ingin menanamkan minat dan antusiasme yang besar terhadap ilmu antariksa kepada pemuda-pemuda Indonesia,” ujar Nie, yang ditemui di geladak kapal pelacak satelit, Yuanwang 5, yang tengah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis 14 Oktober 2010.

Nie juga mengatakan bahwa setiap orang dapat menjadi astronot, namun hal yang terpenting adalah adanya tekad dalam mewujudkan cita-cita. Para calon astronot haruslah juga memiliki tujuan yang jelas dalam pencapaian hidupnya. Selain itu, pengetahuan yang memadai dalam bidang antariksa juga diperlukan.

“Para calon astronot juga harus memiliki psikologi yang stabil untuk dapat diterbangkan ke luar angkasa,” ujar Nie.

Kunjungan kedua astronot juga bertujuan untuk merayakan hubungan diplomatik antara Indonesia dan China yang telah berlangsung selama 60 tahun. Hubungan ini akan diperkuat dengan pertukaran pengalaman dan teknologi dalam bidang antariksa yang dilakukan oleh badan antariksa China yang diwakili kedua astronotnya dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“Kami akan memperkuat hubungan kedua negara melalui bidang IPTEK dan teknologi antariksa. Tidak hanya di bidang itu saja, tapi persahabatan dan kerja sama kedua negara juga akan ditingkatkan di bidang yang lain,” ujar Zhai.

China adalah negara dengan teknologi antariksa terunggul ketiga di dunia. Kedua astronot yakin Indonesia suatu saat nanti akan dapat menyamai China dalam teknologi antariksa dan menerbangkan astronotnya sendiri ke luar angkasa.

“Semoga Indonesia dapat belajar banyak dari pengalaman dan teknologi kami. Saya yakin Indonesia suatu saat akan meluncurkan pesawat luar angkasanya sendiri. Kerja sama pada bidang ini akan terus dilakukan oleh kedua negara,” ujar Nie.

Kapal pencari Satelit Yuanwang 5 yang mengiringi kedatangan dua astronot tersebut akan berlabuh di Jakarta International Containter Terminal, Tanjung Priok, selama 10 hari hingga tanggal 23 Oktober pekan depan. Selama berlabuh di Jakarta, kapal ini akan mengisi perbekalan seperti air, makanan dan bahan bakar untuk perjalanan selanjutnya. (hs)VIVAnews

Iklan

2 comments

  1. Perkenalkan,nama lengkap saya I Wayan Laba Widnyana umur 18thn dari kota Amlapura-Bali.
    Sejak saya masih kecil saya mempunyai sebuah cita-cita sebagai seorang Astronot,dan hingga sampai saya dewasa saya masih memiliki cita-cita tersebut. Mengapa??? Karena saya ingin mengharumkan nama INDONESIA dan saya ingin menjadi orang pertama dari Indonesia yg pergi ke luar angkasa serta mengibarkan bendera sang Merah Putih. Berbagai upaya telah saya lakukan,seperti waktu ini saya sudah berulang kali mengirim e-mail kepada NASA,tapi hanya sekali saja e-mail saya dibalas. Lalu berbagai kendala menghampiri saya,seperti ejekan dari teman2 saya,dia bilang begini ”udah jangan mimpi deh lo jadi astronot,mending kubur impianmu itu dalam2…”. Mendengar omongan seperti itu saya tetap tidak terpengaruh olehnya,dan menurut saya dia hanya bermaksud menghina saya.
    Teman,saya ingin berbagi pengalaman kepada anda semua,jika memang impian saya tersebut tercapai saya akan mengharumkan nama negara Republik Indonesia serta saya berjanji akan mengibarkan bendera sang Merah Putih yg berlogo Pancasila di luar angkasa.
    Teman,bagaimana kah pendapat kalian tentang impian saya tersebut??? Serta apa saja usahanya agar impian saya tersebut terwujud???
    Sekian dan Terima kasih.

  2. kejar terus impian kamu.
    dan kamu harus yakin bahwa suatu saat nanti kamu akan bisa menjadi seorang astronot.
    aku jg sama seperti kamu,ingin menjadi seorang astronot
    dan bisa membanggakan nama indonesia tapi kayanya itu gak mungkin deh soalnya saya cuma lulusan SMP.tapi filling saya mengatakan “suatu saat nanti kamu akan jadi seorang astronot”
    jika filling kamu yakin bahwa suatu yang tak mungkin itu akan terjadi, maka filling kamu juga yang akan mengantarkan pada sesuatu yang tidak mungkin itu.
    INGAT IMPIAN BESAR AKAN MENDAPAT TANTANGAN YANG BESAR PULA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s