Swiss Gali Terowongan Terpanjang Dunia

Para pekerja galian terowongan di Sedrun, Swiss, bersorak riang sembari menyalakan kembang api. Mereka merayakan sukses pengeboran terakhir Gotthard Base Tunnel, proyek pembangunan terowongan terpanjang di dunia. Kegembiraan itu terjadi pada Jumat 15 Oktober lalu, saat mata bor raksasa berhasil menembus lapisan terakhir.

Panjang terowongan ini sekitar 57 kilometer. Menelan biaya sekitar US$10 miliar atau sekitar Rp90 triliun, Gotthard Base Tunnel akan menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa dan menurut rencana akan mulai beroperasi pada 2017 mendatang.

“Terowongan ini adalah masa depan. Resiko kami tanggung bersama,” kata Menteri Transportasi Swiss, Moritz Swiss Leuenberger.

Stasiun-stasiun televisi di Eropa menayangkan secara langsung peristiwa ini. Tak main-main, megaproyek ini dibangun melalui persetujuan rakyat Swiss melalui referendum 20 tahun lalu.

Pengerjaannya melibatkan sekitar 2.500 pekerja. Dieter Meyer, seorang warga Jerman, mengaku kagum atas terobosan ambisius ini. Swiss adalah sebuah negara kecil yang berpenduduk kurang dari 8 juta orang.

Konsep konstruksi Gotthard Base Tunnel disusun pertama kali pada tahun 1947 oleh insinyur Eduard Gruner. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan Swiss pada negara-negara tetangganya, khususnya di sektor kereta api berkecepatan tinggi lintas Eropa. Terowongan ini diyakini akan membalikkan kondisi itu. (Associated Press)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s