Merapi Siaga, Barak Pengungsian Siap

Status Gunung Merapi dinaikkan dari waspada ke siaga sejak pukul 18.00, petang tadi. Sebanyak enam tenda untuk pengungsian pun dikirim Tim Sar Linmas Pemprov DIY.

“Sudah kami siapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk tempat pengungsian,” kata Koordinator Bantuan Operasi Sar Linmas Provinsi DIY, Amtono, Kamis, 21 Oktober 2010. “Jika kurang kami meminta bantuan kepada Provinsi.”

Enam tenda yang disiapkan oleh pihak Pemprov DIY kata Amtono adalah tenda multifungsi. Tenda itu tidak saja untuk tempat hunian tinggal, namun juga dapat digunakan untuk dapur umum, rumah sakit atau balai pengobatan.

“Tenda pengungsian yang siap digunakan itu idealnya hanya digunakan untuk hunian orang hingga satu bulan. Setelah itu, penghuninya harus dipindah ke tempat yang permanen,” ucapnya

Sementara itu, barak-barak pengusian yang saat ini telah dibangun di masing-masing kecamatan di bagian utara seperti Cangkringan, Turi, Tempel dan Pakem, juga sudah siap huni. “Di lokasi barak juga disiapkan sarana dan prasarana yang memadai, seperti untuk MCK dan dapur umum,” ujarnya.(ywn)

Laporan: KDW| Yogyakarta• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s