VIDEO: Ini Cara Membuat Crop Circle

Fenomena crop circle atau pola sirkuler di lahan pertanian muncul di area persawahan di Sleman, Yogyakarta. Diklaim sebagai yang pertama di Indonesia, kemunculannya langsung menghebohkan. Bahkan, dikaitkan dengan unifentified flying object (UFO).

Namun, fakta membuktikan, sekitar 80 persen  formasi crop circle secara ilmiah terbukti adalah buatan manusia  atau hanya kabar bohong (hoax). Hanya 20 persennya yang belum  diketahui penyebab pastinya — apakah kerjaan alien, konspirasi  pemerintah, atau karena faktor cuaca.

Badan Antariksa AS, NASA bahkan menolak ide mentah-mentah crop circle dikaitkan dengan UFO. “Crop circle dibuat oleh manusia sebagai lelucon,” jawab ilmuwan  senior NASA, David Morrison seperti dimuat laman  astrobiology.nasa.gov.

Kata Morrison, itu adalah pertanyaan yang mudah dijawab. “Karena pelaku aslinya telah mengaku dan menunjukkan bagaimana mereka melakukannya,” tambah dia.

Bahkan dalam laman Circlemakers.org ada  situs tentang  informasi crop circle, forum, bahkan instruksi bagaimana membuat  crop circle yang bisa diunduh. Serumit apapun kelihatannya, bisa jadi caranya ternyata sederhana. Salah satunya menggunakan papan yang diinjak.

Tak percaya crop circle bisa dibuat oleh manusia?vivanews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s