Obama Targetkan Satu Juta Mobil Listrik pada 2015

Presiden Amerika Serikat Barack Obama tidak mau ketinggalan dalam program mobil listrik untuk negaranya. Untuk memacukan pertumbuhan mobil listrik di negara tersebut, Obama menargetkan satu mobil listrik sudah harus meluncur di jalanan pada 2015.

Presiden Obama memang tidak langsung menyatakan target tersebut. Namun, rilis dari Department of Energy, AS, dan dikutip Technology Review, menyebutkan ada anggaran khusus untuk pengembangan teknologi canggih mobil listrik.

Diperkirakan mulur
Menurut pengamat, target Obama itu bisa saja mulur. Pasalnya, dibutuhkan waktu cukup lama untuk memasyarakatkan mobil listrik. Dicontohkan, Prius untuk mencapai satu juta, dibutuhkan 10 tahun. Sementara mobil listrik baru saja dalam tahap awal pengenalan. Faktor lain yang membuat konsumen enggan membeli mobil listrik ialah harganya masih mahal, bahkan lebih mahal dari hibrida plug-in, Prius. Faktor lain, mobil listrik belum bisa digunakan untuk perjalanan jauh plus infrastruktur pengisian baterai (cepat) masih minim.

Untuk memacu memasyarakatkan mobil listrik, Obama melalui Gerakan Pemulian (Recovery Act) menganggarkan dana 2 miliar dollar AS untuk membantu mendirikan pabrik baterai dan komponen mobil listrik. Dana lain sebesar 400 juta dollar AS untuk infrastruktur dan tempat demo mobil listrik.

Pada tahun fiskal 2012, insentif pengurang pajak untuk mobil listrik dinaikkan sampai 7.500 dollar AS untuk mobil hibrida plug-in. Pengguna mobil listrik akan mendapatkan diskon langsung pembayaran (tidak perlu menunggu pengembalian pajak).

Anggaran untuk riset teknologi dan pengembangan baterai juga dinaikkan. Di samping itu, pengembangan energi juga difokuskan untuk mendapatkan baterai yang lebih baik. Ini termasuk 10 miliar dollar AS untuk membuat mobil listrik semakin atraktif,  yaitu regulasi investasi infrastruktur, konversi armada, insentif penggunaan mobil listrik (parkir), mitra kerja sama dengan pemasok, dan pelatihan.

Dijelaskan, salah satu hal yang cukup membuat calon konsumen menarik membeli mobil listrik adalah tersedianya tempat pengisian baterai umum yang mengisi dengan cepat dan diskon harga. Diperkirakan, tidak mudah bagi Obama untuk  memperoleh anggaran tersebut karena harus mendapatkan persetujuan Kongres. kompas.com

Penulis: Zulkifli BJ
Editor: Zulkifli BJ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s