Ilmuwan Temukan Ikan Pemangsa Purba Tertua

WASHINGTON – Ilmuwan baru saja menemukan fosil dari ikan pemangsa purba yang hidup pada jaman Devonian, masa sebelum hewan bertulang belakang eksis di Bumi.

Seperti yang dikutip dari New Kerala, Rabu (14/9/2011), Edward ‘Ted’ Daeschler, Jason Downs dari Academy of Natural Sciences beserta para kolega mereka dari University of Chicago dan Harvard University menamakan spesies dari jaman Devonian tersebut sebagai Laccognatus Embryi.

Selain Laccognatus Embry, kelompok peneliti inilah, yang juga menemukan Tiktaalik Roseae, hewan yang merupakan ‘penghubung yang hilang’ antara ikan dan hewan darat, yang hidup sekira 375 juta tahun yang lalu.

Fosil temuan baru tersebut ditemukan di situs yang sama dengan Tiktaalik, yakni di pulau Ellesmere di wilayah Nunavut, Kanada.

Jaman Devonian (sekira 415 sampai 360 juta tahun yang lalu), dideskripsikan sebagai jaman keemasan makhluk laut, karena banyaknya hewan laut yang berkembang saat itu.

Laccognathus Embryi merupakan hewan yang merupakan sanak terdekat dari ikan yang memilki paru-paru. Ikan tersebut mungkin dapat tumbuh sepanjang 5 sampai 6 kaki, dengan kepala yang lebar, mata yang kecil dan gigi taring yang tajam.

“Jelas bahwa ekosistem air di akhir jaman Devonian sangatlah keras, dan Laccognathus hadir dengan kemampuan yang baik untuk memangsa santapannya,” ujar Daeschler.

Temuan tersebut dipublikasikan dalam edisi terbaru jurnal Journak of Vertebrate Paleontology.
(ATA)okezone

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s