Setelah Irene & Katia, Maria Akan Datang

NEWFOUNDLAND – Badai Maria diperkirakan akan mengguncang provinsi Newfoundland, Kanada, sebagai badai terdahsyat. Badai ini diprediksi terjadi angin kencang, hujan lebat, dan petir-petir dengan bahaya tingkat tinggi.

Demikian laporkan Pusat Peringatan Bencana Miami seperti diberitakan NHC, Jumat (16/9/2011).

Pemerintah Kanada sengaja memberikan peringatan dini akan isu badai tersebut, karena badai ini dikabarkan akan menyerang wilayah pesisir Newfoundland, yakni Arnolds Cove dan Brigus South, yang merupakan propinsi Kanada paling timur.

Badai tersebut diperhitungan akan sampai sekira pukul 02.00 dini hari nanti waktu setempat. Badai Maria akan berada di sekitar 1.030 km sebelah barat daya Cape Race, Newfoundland dan akan menguasai sepanjang 70 kph timur laut, dilanjut dengan badai angin berkekuatan 130 kph.

Badai Maria pun diperkirakan datang bersama dengan hujan di Newfoundland tenggara, sehingga menyebabkan badai dahsyat disertai dengan gelombang mematikan dan menyebabkan air laut meluap.

Sebelumnya, AS diterjang badai Irene dan Katia. Masih jelas diingatan pada 24 Agustus lalu, pesisir timur AS diterjang badai Irene yang juga menghantam Republika Dominika dan Haiti. Badai tersebut membuat 11.657 warga kehilangan tempat tinggal.(rhs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s