Asteroid Seukuran Kapal Induk Bakal Melintasi Bumi

LONDON – Sebongkah asteroid yang berukuran dari sebuah kapal induk, akan melewati antara Bumi dan Bulan pada hari Selasa, 8 November, mendatang.

Asteroid yang dikenal sebagai 2005 YU55 selama ini mengorbit mengelilingi Matahari. Namun ini adalah posisi yang terdekat dnegan Bumi dalam 200 tahun terakhir dan akan datang lebih dekat ke Bumi sejak 35 tahun terakhir.

Asteriod ini sebelumnya pernah melintas dengani jarak pendek pada tahun 1976, tetapi sebagian besar kehadirannya tanpa disadari semua orang, termasuk NASA.

Sekarang astronom akan memiliki kesempatan lain dari sebuah ‘pertemuan’ yang lebih dekat tentang kehadiran asteroid tersebut  pada hari Selasa, 8 November, yang diperkirakan hadir pada pukul 11.30 waktu setempat. Demikian yang dilansir melalui Telegraph, Senin (31/10/2011).

Ini tidak akan terlihat dengan mata telanjang tetapi astronom amatir mempunyai kesempatan yang baik untuk menangkap sekilas asteroid yang melintas tersebut, asalkan mereka memiliki teleskop setidaknya dengan diameter 6 inci.

“Kami berharap untuk mendapatkan gambar untuk mengungkapkan banyak detail tentang fitur permukaan asteroid, bentuk, dimensi dan sifat fisik lainnya,” ujar pihak juru bicara NASA.

2005 YU55 adalah salah satu dari 874 asteroid yang dekat dengan bumi, dan jika ingin menabrak bumi akan cukup kuat untuk menghancurkan sebuah kota. (tyo)okezone

6 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s