Populasi Manusia Purba Terbesar Ada di Gunung Padang?

Tim Terpadu Riset Mandiri yang telah melakukan penelitian di situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat, sejak Mei 2012, kembali mendapati adanya temuan penting.

Berdasarkan penggalian di lereng timur situs megalitikum Gunung Padang, Tim meyakini, pada 4500 SM masyarakat sekitar situs penuh peradaban.

“Ini peradaban kedua dan berbeda dari yang tampak di permukaan bangunan. Dari eskavasi lanjutan dengan kolom 3×9 meter, tim menemukan banyak temuan yang meyakinkan adanya peradaban bernilai tinggi dengan struktur masyarakat yang sudah solid,” kata Ali Akbar, ketua Tim Arkeolog yang terlibat dalam eskavasi di lokasi, Minggu 31 Maret 2013.

Dalam kolom eskavasi, dia menjelaskan, terlihat susunan menhir atau columnar joint dengan ukuran antara 1-2 meter. Itu semua tersusun rapi dan direkatkan oleh semacam semen purba.

Columnar joint di dasar ini lebih besar dan panjang dibandingkan yang tampak di permukaan. Selain itu, tertata di atas lima teras yang terlihat saat ini,” kata dia.

Dari fakta itu, tim menyimpulkan, ketika masyarakat membuat situs tersebut telah ada populasi manusia dengan jumlah besar dan mempunyai struktur sosial. “Columnar joint pada eskavasi yang kami temukan kali ini lebih besar dibanding yang di permukaan. Untuk mengangkat dan menyusunnya butuh 5-6 orang,” ujarnya.

Dengan luas Gunung Padang yang diperkirakan lebih luas dari Borobudur, pastinya dibutuhkan banyak tenaga manusia. “Ini yang meyakinkan kami ada populasi manusia purba dengan jumlah besar di kawasan tersebut pada waktu itu,” katanya.

Selain populasi manusia yang besar, dipastikan sudah ada struktur sosial yang jelas di masanya. “Tidak mungkin untuk mengangkat dan menyusun batuan hingga menjadi sebuah konstruksi tanpa adanya komunikasi dan kepentingan,” jelas dia.

Artinya, masyarakat kala itu sudah memiliki kemampuan dalam menyediakan pasokan makanan dan minuman sebagai kebutuhan.

Yang lebih menguatkan, dia menambahkan, adanya berbagai temuan pendukung budaya maju seperti pemanfaatan logam. “Laporan hasil penelitian ini akan dilaporkan dulu ke Tim. Setelah itu dilaporkan ke Presiden, dan akan dilanjutkan kembali penelitiannya,” ujar Ali. (art)

© VIVA.co.id

19 comments

  1. Kabarnya juga dulu Indonesia itu dihuni oleh suku yang pintar-pintar, saya lupa nama sukunya yang akhirnya hilang entah kemana, tidak ada cerita yang jelas.
    Sampai sekarang juga tidak ada keturunananya yang dari suku tersebut. saya jadi berpikir mungkin dulu alam sering jadi bencana sehingga banyak yang hilang atau tengelam sehingga untuk mencari itu kita menduga2 saja..

  2. pulau jawa sangat banyak menyimpan misteri, bukti peninggalan masa sejarah juga banyak tidak terurus,semua terjadi karena pemeluk agama mayoritas merasa kawatir jika ini di pugar kembali maka keyakinan lama penduduk jawa akan perlahan mulai kembali,kehancuran candi dan peninggalan lain adalah politik dari masa berdirinya kerajaan islam. tidak di pungkiri sampai saat ini juga kejadian itu masih banyak terjadi, semua ini mungkin karena sikap yang berlebihan dan kurangnya toleransi, jika sekarang situs gunung padang akan di buka, apakah umat muslim minimal yang ada di sekitar tempat itu bisa mendukung atau apakah semua organisasi islam nantinya bisa terima jika ada bahan atau peninggalan yang berhubungan dengan kepaercayaan agama lama, jika ini belum siap saya rasa semua yang di lakukan akan sia2,samapai saat ini indonesia belum bisa terkenal di dunia karena ulah dari penduduknya sendiri yang tidak pernah bisa menghargai hasil karya leluhurnya akibat dari kurangnya pemahaman dalam berkeyakinan

  3. PROMO 10.000….!!!!
    hi para pecinta oliviaclub.com !!!!
    promo 100% telah berakhir…dan kami dari oliviaclub mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan para pecinta oliviaclub…
    tapi tidak perlu kwatir.. karena kami telah menyiapkan promo lainnya yaitu promo Rp.10,000 untuk menyambut hari kemerdekaan RI
    jadi untuk para pecinta poker oliviaclub yang sudah lama mendaftar ataupun yang baru melakukan register.. akan bisa mengikuti promo ini…
    dengan deposit Rp.10,000 maka anda akan mendapat bonus chip 10.000 Menarik bukan?? tanpa ada TURNOVER seperti situs poker online lainnya
    hanya di OLIVIACLUB kami memberikan chip tanpa ada peraturan yang menyulitkan pecinta poker online..
    JADI TUNGGU APALAGI..MARI AJAK TEMEN-TEMEN ANDA UNTUK BERMAIN,BERGABUNG BERSAMA KAMI DI http://www.oliviaclub.com

    SYARAT DAN KETENTUAN
    1.kami tidak akan mentolerir segala bentuk kecurangan,permintaan deposit palsu dan claim bonus palsu akan di banned secara permanen
    2.promo hanya berlaku untuk deposit 10.000 tidak berlaku kelipatan..
    dan apabila pemain melakukan deposit diatas 10.000 maka tidak bisa mengikuti promo
    3.Withdraw bisa dilakukan setelah chip mencapai angka minimum withdraw yaitu 50.000
    4. klaim bonus promo harus dilakukan di jam yang telah ditentukan,diluar jam yang ditentukan tidak akan dilayani,promo ini berlaku dari jam 19.00wib s/d jam 20.00wib.
    para pemain diharuskan mengklaim bonus sebelum bermain..jika
    ada pemain yang melakukan deposit dan bermain..
    baru setelah bermain mengklaim bonus..maka tidak akan dilayani
    5.PROMO Rp.10.000 ini dapat berakhir sewaktu waktu tanpa
    pemberitahuan terlebih dahulu
    6.keputusan pihak OLIVIACLUB adalah MUTLAK

    CARA MENGKLAIM BONUS PROMO :
    1.setelah melakukan register dan deposit maka pemain harus melakukan login dan masuk ke menu memo,tulis subjek klaim voucher promo
    2.admin OLIVIACLUB akan segera membalas memo anda dan
    memberikan kode voucher.
    3.setelah menerima kode voucher silakan menuju menu deposit
    isi kan formulir deposit sebagaimana anda biasa melakukan deposit.
    setelah itu pada kolom keterangan di menu deposit silakan anda tuliskan kode voucher yang telah diberikan
    4.silakan gunakan jasa live chat kami untuk membantu anda dalam mengklaim bonus PROMO Rp.10,000 ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s