Korban Penyidik KPK Gadungan

Jakarta – Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap komplotan pelaku penipuan yang mengaku-aku sebagai penyidik KPK. Korban diketahui merupakan seorang pengusaha, saksi kasus Gubernur Jambi Zumi Zola (ZZ).

“Iya betul, informasinya yang bersangkutan (korban) memang saksi untuk kasus ZZ,” kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Reynold Siagian kepada detikcom, Rabu (7/2/2018).

Pelapor adalah Endria Putra (42). Endria merupakan konsultan jasa konstruksi di Jambi. Ketika mendapat pemerasan itu, Endria sedang berada di Jakarta.

“Memang dia sedang di Jakarta karena sedang menjalani pemeriksaan di KPK sebagai saksi kasus ZZ,” imbuh Jerry.

Sekonyong-konyong, Endria mendapatkan pesan dari seseorang yang mengaku sebagai penyidik KPK. Kepada Endria, dia menawarkan penyelesaian kasus.

Pelaku saat itu meminta uang Rp 150 juta untuk penyelesaian kasus itu. Endria sempat mengirim Rp 10 juta sebagai uang muka.

“Kemudian ketika yang bersangkutan sedang diperiksa, dia menanyakan ke penyidik KPK apakah ada penyidik KPK namanya si A, dia sampaikan kalau dia ditawari penyelesaian kasus,” paparnya.

Penyidik KPK kemudian meyakinkan bahwa tidak ada penyidik yang disebutkan oleh Endria. KPK pun mempersilakan Endria untuk lapor polisi jika merasa dirugikan.

“Akhirnya yang bersangkutan melapor ke Polda Metro Jaya pada Sekasa (6/2),” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, keempat tersangka ialah Harry Ray Sanjaya (41), Abdullah (44), Exitarama Rumzi (45), dan Daseil Dusky (51). Para pelaku ditangkap tim Opsnal Unit I Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kompol Hendro Sukmono dan AKP Niko Purba.

Para tersangka ditangkap di Hotel Mercure, Jakarta Barat, pada Selasa (6/2) dini hari tadi. Sejumlah barang bukti disita polisi dari para pelaku.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s