Mayoritas Penderita HIV Pengguna Narkoba

Sebanyak 70 persen penderita HIV adalah pengguna narkoba. “Sisanya menyusul pekerja seks komersil, gay, dan masyarkat umum,” kata Iwan Suryawan sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Daerah Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/2).

Irwan mengatakan, jumlah penderita HIV positif di Bogor berdasarkan data April 2009 sebanyak 751 orang. “Untuk AIDS tercatat 316 orang dan 45 orang meninggal karena AIDS,” ungkapnya. Artinya, sebagian besar penderita HIV/AIDS adalah pengguna narkoba.

Ia mengatakan pengguna narkoba di Bogor cukup banyak yang berarti aktivitas peredaran narkoba juga tinggi. Hal ini dilihat dari jumlah kelompok berisiko HIV/AIDS di Kota Bogor sebanyak 5.530 orang. Parahnya lagi, penyebaran virus sudah menyerang usia 13 hingga 20 tahun.

Bukan hanya itu, kata Iwan, sudah ada kasus bayi terjangkit HIV/AIDS dari sang ibu yang tertular dari suaminya. Kenyataan di lapangan, semakin banyaknya pengidap HIV/AIDS membuat pihak KPAD terus berupaya melakukan pencegahan dan penanggulangan.

Salah satunya adalah mengoptimalkan klinik VCT (Voluntary Counseling and Testing) yang tersebar di Kota Bogor. Wilayah Kota Bogor, klinik VCT tersebar di seluruh pusat kesehatan masyarakat, Rumah Sakit Marzuki Mahdi dan di Lapas Paledang.

“Untuk di Lapas Paledang sudah ketentuan setiap yang masuk akan diperiksa di klinik VCT untuk mengetahui apakah dia penderita HIV atau bukan,” kata Iwan. Dia menambahkan, makin banyaknya jumlah penderita HIV/AIDS karena belm adanya kesadaran warga untuk memeriksakan diri. sumber : liputan 6

Diterbitkan oleh krishnabalagita

My name is Krishna, I'm a musician from Indonesia...

Satu pendapat untuk “Mayoritas Penderita HIV Pengguna Narkoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: